RPP Fiqih Kelas XI Semester genap Tentang IJrah / Sewa menyewa

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

  1. Identitas

Nama Sekolah            : MAN 1 Karanganom Klaten

Mata Pelajaran            : Fiqih

Kelas, Semester          : XI, Genap

Standar Kompetensi   : Menganalisis ijarah/sewa menyewa dalam Islam

Kompetensi Dasar      : Mendeskripsikan ijarah/sewa menyewa dalam Islam

Indikator                     : 1. Mampu menjelaskan ijarah/sewa menyewa dalam Islam

2. Dapat memberi contoh ijarah/sewa menyewa dalam Islam

Alokasi Waktu            : 1 X 25 menit (1 Pertemuan)

  1. Tujuan Pembelajaran
    1. Dengan metode ceramah siswa mampu menjelaskan ijarah/sewa menyewa dalam Islam.
    2. Dengan metode diskusi siswa dapat memberi contoh ijarah/sewa menyewa dalam Islam.
  2. Karakter Yang Dibiasakan

Tangung Jawab dan Kerjasama.

  1. Materi Pembelajaran
    1. Materi Ijarah/sewa menyewa dalam Islam.
    2. Penjabaran materi:

Secara etimologi al-ijru yang berarti al-‘iwadh/penggantian. Adapun secara terminology al-ijarah secara sederhana dapat diartikan dengan akad atau transaksi manfaat atau jasa dengan imbalan tertentu.

Al-ijarah terdapat dua macam, yaitu:

  1. Ijarah al’Ain yaitu apabila yang menjadi objek transaksi adalah manfaat atau jasa dari suatu benda. Seperti, sewa menyewa rumah untuk ditempati.
  2. Ijarah ad-Dzimah atau yang sering disebut upah mengupah. Seperti upah mengetik  skripsi.

Rukun Ijarah:

  1. Dua orang yang berakad;
  2. Sighat (ijab dan Kabul);
  3. Sewa atau imbalan; dan
  4. Manfaat.

Syarat-syarat al-ijarah:

  1. Dua orang yang berakad disyaratkan telah balig dan berakal;
    1. Kedua belah pihak yang berakad menyatakan kerelaannya melakukan akad al-ijarah;
    2. Manfaat yang menjadi objek al-ijarah harus diketahui;
      1. Objek al-ijarah itu boleh diserahkan dan digunakan secara langsung dan tidak ada cacatnya;
      2. Objek al-ijarah itu sesuatu yang dihalalkan oleh syara’;
      3. Yang disewakan itu bukan suatu kewajiban bagi penyewa;
      4. Objek al-ijarah itu merupakan suatu yang biasa disewakan, seperti: rumah, kendaraan, dan alat-alat perkantoran;
      5. Upah atau sewa dalam al-ijarah harus jelas, tertentu, dan sesuatu yang memiliki nilai ekonomi.

Hal-hal yang membatalkan Al-ijarah:

  1. Terjadinya cacat pada barang sewaan ketika ditangan penyewa;
  2. Rusaknya barang yang disewakan;
  3. Rusaknya barang yang disewakan;
  4. Telah dipenuhinya manfaat yang diakadkan sesuai dengan masa yang telah ditentukan dan selesainya pekerjaan;
  5. Menurut Hanafi salah satu pihak dari yang berakad boleh membatalkan al- ijarah apabila ada kejadian-kejadian yang luar biasa seperti, terbakarnya gedung, tercurinya barang-barang, dan kehabisan modal.

Hukum al-ijarah pada dasarnya adalah boleh atau mubah, dengan syarat penggunaan barang itu sesuai dengan penggunaan yang dijanjikan ketika akad awal. Penyewa pertama boleh menyewakan lagi dengan harga serupa pada waktu menyewa atau kurang sedikit atau bahkan lebih mahal dari harga penyewaan pertama, hal ini menurut Sayyid Sabiq kebiasaan ini disebut al-Khulwu dan hal ini boleh-boleh saja dilakukan. Hal ini berlaku juga untuk penyewaan-penyewaan yang lain seperti, penyewaan rumah, kendaraan, dan alat-alat musik.

  1. Metode Pembelajaran

Metode  :

  1. Ceramah
  2. Diskusi

Strategi  :

  1. Listening Team
  2. Acting Out
  3. Topical Review
  4. Kegiatan Pembelajaran
    1. Kegiatan Awal
  • Guru membuka pertemuan dengan mengucapkan salam kepada siswa.
  • Apresepsi.
  • Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait pelajaran yang lalu.
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran.
  • Mengajukan pertanyaan pre-test
  1. Kegiatan Inti
  • Guru menjelaskan materi Ijarah.
  • Menanyakan kefahaman dan memberikan kesempatan siswa untuk bertanya.
  • Mengkondisikan dan mempersiapkan strategi listening team.
  • Pelaksanaan strategi listening team.
  • Mengkondisikan dan mempersiapkan strategi acting out.
  • Pelaksanaan strategi strategi acting out.
  1. Kegiatan Penutup
  • Mengkondisikan dan mempersiapkan strategi topical review.
  • Pelaksanaan strategi strategi topical review.
  • Mengajukan post-test.
  • Penyampaian tugas untuk minggu depan.
  • Guru menutup pertemuan dengan mengucapkan salam kepada siswa.
  1. Sumber Belajar

Sumber:

  1. Buku Fiqih MA kelas XI
  2. Buku lain yang relevan

Alat:

  1. Spidol
  2. Papan tulis
  3. Kertas
  4. Netbook
  5. Proyektor
  1. Penilaian

Indikator Pencapaian Kompetensi

Teknik Penilaian

Bentuk Instrumen

Instrumen/soal

  • Mampu menjelaskan ijarah/sewa menyewa dalam Islam
  • Dapat memberi contoh ijarah/sewa menyewa dalam Islam
Tes Lisan

Pengamatan

Tes Lisan
  • Jelaskan pengertian Ijarah?
  • Sebutkan jenis-jenis sewa menyewa dan contohnya?
  • Sebutkan rukun sewa menyewa?

Lembar Pengamatan

No

Nama

Tanggung Jawab

Kerjasama

Mampu Menjelaskan

Mengerjakan Tugas

Diskusi

Dapat Memberi contoh

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

Mengetahui                                                                 Yogyakarta, 20 November 2012

Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran

Radino Fernando                                                                 Arif Cahya Wicaksana

  1.       NIM. 10410118

NOTE :

RPP Praktikum Kelompok;

  1. Nurmawati Restia Ningsih               10410114
  2. Arif Cahya Wicaksana                     10410118

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s